3 April 2013

Kreasi Memakai Jilbab

Kreasi Memakai Jilbab


Memakai jilbab bagi wanita muslim adalah salah satu bentuk dari keindahan. Tak bisa dipungkiri, bahwa dengan jilbab dan busana muslim yang syar’i, wanita muslim akan terlihat lebih cantik dan anggun. Berbagai pilihan jilbab kini sangat mudah didapat, dari model, motif/corak, ornament-ornamen pendukung yang tentu saja akan menambah prima tampilan Anda. Walaupun pilihan yang ditawarkan beragam, ada kalanya kita merasa bosan dan ingin mencoba model terbaru. Nah, yuk memainkan ide kreatif dan tangan terampil kita, dengan mengkreasikan penggunaan jilbab.
Pertama, siapkan ornament atau hiasan untuk melengkapi atau mempercantik tampilan jilbab, diantaranya;
 
  • Ciput
ciput
Biasa terbuat dari bahan spandek yang lentur dan elastic sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran kepala. Fungsi utama ciput adalah sebagai dasaran sebelum memakai jilbab. Namun sekarang, ciput dapat lebih dikreasikan, karena warna bahkan model yang ditawarkan bermacam-macam. Cupit juga dapat diberi hiasan payet, sulam, atau border, sehingga tampilan lebih cantik.
 
  • Bros
Bros
Arti secara umum adalah pengait. Fungsinya memang untuk mengaitkan ujung-ujung kain atau jilbab. Tapi, sekarang, bros dapat digunakan sebagai hiasan utama jilbab. Umumnya dipasangkan pada ujung sebelah dagu, sudut kening kanan/kiri dan kepala bagian belakang. Bros model terbaru adalah model juntai atau bros dengan rantai manik
 
  • Korsase
korsase
 
Ornamen jilbab kreasi, biasa berbentuk bunga atau pita dengan warna-warna yang cerah. Ukuran korsase sendiri kebanyakan besar dan dapat meng-cover sebagian besar bagian kepala. Digunakan agak menyamping, di kepala bagian atas atau dibawah konde.
 
  • Bandana
bandana
 
Fungsi potongan kain berbahan spandek atau brokat ini hampir mirip dengan ciput, yaitu sebagai dasar menggunakan jilbab, atau menahan rambut agar tidak terlihat. Namun bandana yang biasa memiliki warna-warna terang ini, dapat dikreasikan dengan memakainya diatas atau setelah penggunaan jilbab dasar.
 
  • Tulle
tulle
 
Tulle adalah kain tipis berwarna soft atau pastel. Kain ini fungsinya untuk penutup paling atas dari rangkaian kreasi jilbab. Namun, Tulle juga dapat dikreasikan sebagai korsase buatan sendiri. Dengan karet, pita juga jarum pentul, tulle siap dibentuk menjadi bunga-bunga indah di atas jilbab Anda.
 
 
Memakai Jilbab dengan Kreasi
 
 
Kreasi Bunga Gantung
 
Jilbab dasar : Pashmina atau Jilbab segi empat
Ornamen pelengkap : Ciput, Bros
 
 
Langkah-langkah :
 
1. Pakai jilbab seperti biasa, lipat bagian sisa jilbab menjadi dua
 
2. ikat ke depan dengan karet sehingga membentuk tonggolan (gunakan karet ukuran kecil, agar iktan rapat)
 
3. bentuk hasil ikatan karet tadi seperti bunga atau kipas dengan cara menarik ujungnya kemudian rapikan.
 
4. tambahkan bros atau pita di bagian atas ikatan, untuk menambah cantik tampilan.
 
 
 
 
 
 
Kreasi Sanggul Bunga
 
Jilbab dasar : Jilbab segi empat
Ornamen pelengkap : Ciput, Korsase, Jarum pentul
 
Langkah-langkah :
 
1. Lipat jilbab dengan menarik garis diagonal, sehingga berbentuk segitiga, kemudian sematkan pada kepala, tarik ujungnya kebelakang, kemudian ikat membentuk simpul atau kuatkan dengan peniti.
 
2. Lingkarkan sisa 1 sisi jilbab di samping sepanjang leher kemudian jepit dengan jarum pentul. Rapikan dan kencangkan tiap bagiannya agar tidak mudah terlepas. agar lebih tertutu, melingkarkan sisi jilbab lain pada leher bagian belakang.
 
3. Pelintir atau rajut bagian belakang, bentuk serapi mungkin. Atau dapat juga mengepang sisa bagian tersebut.
 
4. Lalu, bentuk melingkar /gulungan kecil hasil rajutan tadi, sematkan pada sisi sebelah kiri atau kanan,bantu dengan jarum pentul atau peniti agar lebih kuat.
 
5. Setelah terpasang dengan baik tambahkan korsase bunga diatas gulungan atau mengitari gulungan jilbab, bentuk menjadi sanggul yang cantik.
 
 
Kreasi Lapis Manis
 
Jilbab dasar : Jilbab segi empat, Bergo
Ornamen pelengkap : Ciput, Tulle, Jarum pentul, kain/bandana
 
tulle kreasi
 
Langkah-langkah :
 
1. Pakai jilbab bergo atau ciput warna biru sebagai dasar, kemudian lapis dengan jilbab segi empat warna merah (Warna dapat dirubah yang senada).
 
2. Tambahkan kain warna warna biru sebagai lapisan diatasnya, ikat dan kuatkan dengan jarum pentul
 
 
3. Tarik semua jilbab ke satu sisi kepala (kanan/ kiri).
 
4. Ambil sisa dari jilbab merah dan sisa kain biru Bentuk gulungan seperti  bunga.
 
5. Gunakan tulle sebagai penutup akhir, kemudian bentuk sisanya menjadi gulungan bunga, dan sematkan dibawah bunga kain.
 
 
Kreasikan gaya berjilbab Anda,
miliki kesan istimewa setiap hari... !!
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar